Guru Ini Menyulap Papan Tulis Jadi Layar Komputer! Siapa Sangka Alasan Dibaliknya Bikin Netizen Banjir Air Mata!

Semakin maju dan lengkap fasilitas di sekolah seharusnya memang membuat proses ajar mengajar lebih mudah dan ilmu pun lebih cepat di transfer ke murid. Namun, hingga kini masih banyak sekolah yang hanya memiliki fasilitas seadanya. Dan di sinilah seorang guru biasanya dituntut untuk bisa sekreatif mungkin menggunakan fasilitas yang ada dalam menyampaikan pengajarannya.

Misalnya saja penyampaian pelajaran komputer tanpa adanya komputer di kelas pastinya akan susah disampaikan oleh guru. Namun seorang guru komputer di Ghana yang bernama Owura Kwadwo, melakukan kreativitas yang sanggup membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum.

Meski dengan keterbatasan sarana dan prasarana di sekolahnya, khususnya ketersediaan komputer, ia pun berinisiatif ‘mengubah’ papan tulis di kelasnya menjadi layaknya sebuah layar komputer hanya dengan bantuan kapur tulis warna-warni. Hebatnya, Owura mampu melukis dengan sempurna tampilan Microsoft Word di ‘layar komputer’ tersebut. Hal itu dilakukannya semata-mata untuk membuat siswanya paham apa yang sedang diajarkan olehnya.

“Aku menyayangi murid-muridku, jadi aku harus melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka mengerti apa yang aku ajarkan.” katanya.

Kemudian di akun Facebooknya, Owura Kwadwo Hottish, ia membagikan beberapa foto yang memperlihatkan ia sedang mengajarkan muridnya tentang Microsoft Word. Terlihat dalam foto yang dibagikannya, ia sedang dengan khidmatnya menggambar tampilan Microsoft Word di papan tulis hitam, hasilnya pun bisa dibilang sangat sempurna, serupa dengan aslinya.

Owura pun kemudian membubuhkan caption yang begitu menginspirasi dalam postingan foto miliknya..

“Mengajar TIK di sekolah di Ghana sangatlah menyenangkan. Komputer di papan tulis. Aku menyayangi muridku, jadi aku harus melakukan hal yang bisa membuat mereka paham apa yang sedang aku ajarkan.” katanya.

Sontak saja, postingan di akun media sosial miliknya itu menjadi viral. Usahanya itu membuatnya ‘banjir’ apresiasi dari banyak orang. Bahkan, atas semangat mengajar dan kreativitasnya dalam menyiasati kurangnya sarana dalam mengajar, warganet pun meminta Owura dianugerahi penghargaan.

Dengan viralnya postingan Owura, membuat sarana mengajar sekolah-sekolah di Ghana menjadi sorotan. Utamanya ketersediaan komputer, bukanlah hal yang tak lazim ditemukan di Ghana. Banyak sekolah di wilayah pedesaan atau pelosok Ghana juga mengalami permasalahan yang sama, tidak adanya sarana IT di sekolahnya.

Dan hal keterbatasan sarana mengajar itu juga terjadi di beberapa daerah negeri kita. Semoga saja semangat guru seperti Owura juga banyak ditemui di negeri ini. Agar keterbatasan sarana tak menjadi kendala dalam membuat cerdas anak Indonesia. Bagaimana menurut Anda?

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *