8 Danau Di Dunia Ini Meski Indah Tapi Dipercaya Paling “Berbahaya dan Mematikan”, Nomer 3 Ada Di Indonesia Lho!

Saat kita liburan ke danau, kita akan mendapati kawasan perairan yang tenang, air jernih, dan angin sepoi-sepoi. Namun, apakah semua danau itu aman dan dapat kita jadikan sebagai satu lokasi untuk berenang?

Inilah delapan danau yang indah namun berbahaya dan membuat kita tak akan pernah berani berenang di sana.

1. Monster di danau: Brosno (Rusia)

Warga setempat kerap melihat kadal kuno di danau mereka. Para ilmuwan telah mencoba untuk membantu para warga menemukan “naga Brosno” yang mengerikan namun usaha ini sia-sia.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi di sana? Rupanya, proses dekomposisi di bagian bawah menyebabkan gelembung karbon dioksida. Gelembung ini bisa dengan mudah membalikkan perahu kecil.

Nah, oleh warga sekitar, hal ini dianggap sebagai serangan monster.

2. Danau Hillier (Australia)

Danau ini memang indah dengan warna airnya yang merah muda dan hutan kayu putih, namun bukan berarti tidak membahayakan. Ilmuwan menjelaskan, warna pink air berasal dari berbagai mikroorganisme yang hidup di dalamnya.

3. Kawah Ijen (Indonesia)

Inilah danau paling asam di dunia. Kawasan perairan dengan warna toska ini memiliki suhu hingga 200 derajat Celcius di bagian bawahnya. Beberapa kali, Kawah Ijen sempat ditutup karena mengeluarkan gas beracun.

Namun, terlepas dari semua ini, penduduk setempat mengumpulkan belerang di sepanjang tepi kawah tanpa memakai masker pelindung.

4. Danau Gafsa (Tunisia)

Hal yang paling aneh tentang danau ini adalah ‘kehadirannya’ yang tiba-tiba di tengah padang pasir nan kering. Ilmuwan percaya, kawasan perairan ini telah muncul sebagai hasil aktivitas seismik, namun masih belum jelas bagaimana hal itu bisa terjadi begitu tiba-tiba.

Mau berenang di sini? Tanggung semua risikonya karena danau ini memiliki alga beracun di dalamnya, bahkan bersifat radioaktif yang berasal dari tambang fosfat terdekat.

5. Danau Mendidih (Dominika)

Danau ini benar-benar mendidih! Suhu airnya dapat mencapai 92 derajat Celcius. Siapapun dilarang keras berenang di danau ini. Kecuali jika kamu ingin direbus hidup-hidup. Secara ilmiah mudah dijelaskan: danau ini terletak di kawah gunung berapi.

6. Danau Nyos (Kamerun)

Danau ini menewaskan 1.746 orang. Pada 21 Agustus 1985, awan gas mematikan muncul di sekitar Nyos dan membunuh setiap makhluk hidup.

Seperti yang diungkapkan ilmuwan, hal ini terjadi karena ada gunung berapi di dasar danau: sehingga karbon dioksida masuk ke air, naik ke permukaan, lantas menyebar ke mana-mana sebagai awan.

7. Danau Michigan (AS)

Sekilas, danau itu terlihat sangat menawan. Warna airnya begitu menyenangkan dan tidak ada monster atau kengerian lainnya.

Namun, ‘jebakan’ itu ada di bawahnya. Ada arus kuat yang dapat membawa orang jauh dari pantai. Pada musim gugur, gelombang besar muncul di permukaannya, seperti di lautan.

8. Danau Roopkund (Himalaya)

Sebanyak 200 orang meninggal karena sebab misterius dan tetap berada di dasar danau ini selama lebih dari 11 abad. Sampai akhirnya tentara Inggris menemukannya pada 1942.

Apa yang terjadi pada 200 orang itu pada saat bersamaan? Jawabannya sederhana: hujan es yang mematikan seukuran bola kriket (diameter 7 cm).

 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *