Fantastis! “16 Temuan Raksasa” Ini Pernah Hidup Lama di Zaman Sejarah! Ternyata 2 Diantaranya Masih Ada di Indonesia Sampai Sekarang!

Semua tau bahkan sejarah juga mencatat jika makhluk-makhluk raksasa dulu menghuni Bumi ini. Kini lewat sejarah kita bisa mempelajari semua peninggalan masa lampau. Di zaman dengan teknologi yang semakin maju ini, banyak hal diciptakan dengan bentuk kecil dan minimalis. Namun alam juga masih menyimpan jejak sejarah masa lalu. Berikut TribunTravel.com merangkum, 16 hal yang memiliki ukuran terbesar di Bumi. Semua info ini dirangkum dari laman Brightside.me.

Selengkapnya yuk simak ulasan berikut.

16. Pohon Sequoia

Bila dilihat dari volumenya, pohon sequoia masuk dalam daftar tanaman tersbesar di planet Bumi. Pohon sequoia bisa tumbuh hingga memiliki tinggi 275 kaki atau sekitar 84 meter dengan diameter 26 kaki atau sekitar 8 meter.

15. Amphicoelia

Amphicoelia adalah hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. Dinosaurus herbivora ini hidup sekitar 145 juta hingga 161 juta tahun yang lalu. Panjangnya bisa mencapai 58 meter yang masuk dalam hewan vertebrata sementara tinggi badannya dihitung dari kaki yang menginjak tanah bisa mencapai 2,5 meter.

14. Titanoboa

Titanoboa, seperti namanya ular ini masih memiliki kerabat dengan jenis boa namun ukurannya lebih besar. Python yang hidup di masa sekarang panjangnya hanya mencapai 7,5 meter. Sementara titanoboa memiliki panjang sampai 13 meter. Hewan ini hidup sekiatar 58 juta hingga 61 juta tahun yang lalu.

13. Nangka

Siapa sangka, nangka yang banyak ditemui di Indonesia adalah buah terbesar yang tumbuh di dunia. Diameter buah ini bisa mencapai 50 centimeter sementara panjanganya bisa lebih dari 90 centimeter.

12. Argentavis

Argentavis hidup 5 juta sampai 8 juta tahun yang lalu. Hewan ini masuk dalam daftar burung terbesar dalam sejarah. Sayapnya mencapai 7 meter dan hewan ini memakan tikus.

11. Paradise Cave

Sebuah Gua Phong Nha-Ke Bang di Vietnam ini termasuk gua terbesar dan paling indah di dunia. Ruangan di dalamnya memiliki panjang hingga mencapai 5 kilometer, tinggi 200 meter dan lebar 150 meter.

10. Rafflesia

Bukan rahasia lagi kalau Rafflesia dikenal sebagai bunga terbesar di Bumi. Diameternya bisa mencapai 100 centimeter. Tak hanya dikenal dengan ukurannya yang besar, bunga ini juga terkenal denngan bau busuk.

9. Rusa Raksasa

Rusa Irlandia atau Rusa raksasa muncul sekitar 2 juta tahun yang lalu. Ketika hutan menyebar menjadi ruang terbuka, rusa raksasa mati kerena tanduk mereka yang terlalu besar. Tanduknya melebar hingga 5 meter yang membuat rusa raksasa ini tak bisa bergerak karena cabang-cabang pohon yang padat.

8. Jamur Humongous

Armillaria ostoyae merupakan sebutan dari jemur humongous. Jamur ini termasuk yang terbesar di Bumi. Keberadaannya bisa mncapai 8,4 kilometer persegi di Hutan Nasional Malheur di Oregon. Sebagian jamur ini tersembunyi di bawah tanah.

7. Merostomesc

Merostomes adalah arthropoda terbesar yang diketahui saat ini. Hewan ini bisa tumbuh hingga 2,5 meter. Merostomes hidup sekitar 248 juta hingga 510 juta tahun yang lalu.

6. The Great Barrier Reef

The Great Barrier Reef adalah struktur tunggal terbesar di dunia yang terbentuk oleh organisme hidup. Struktur ini terletak di Laut Coral yang membentang selama lebih dari 2.300 kilometer di area seluas sekitar 344.400 kilometer persegi.

5. Raksasa arctodus

Tinggi beruang ini mencapai 4,5 meter. Rahangnya ekstra kuat dan termasuk mamalia karnivora terbesar hidup di Bumi selama zaman es. Sayangnya beruang ini mati pada 14 ribu tahun yang lalu.

4. Gigantopithecus

Gigantopithecus adalah kera terbesar yang pernah ditemukan. Ia hidup sekitar 1 juta tahun yang lalu. Sulit untuk melakuan penelitian hewan ini, namun para ilmuwan percaya Gigantopithecus memiliki tinggi hingga 4 meter dan berat 550 kilo. Hewan ini dipercaya memakan bambu.

3. Quetzalcoatl

Quetzalcoatl hidup pada 66 juta hingga 68 juta tahun yang lalu. Itu merupakan hewan pterosaurus terbesar yang bisa terbang dalam sejarah planet. Sayapnya memiliki lebar 12-15 meter.

2. Paus Biru

Paus biru merupakan hewan terbesar di Bumi hingga saat ini. Panjangnya mencapai 33 meter dengan berat 150 ton. Pada tahun 1960, hampir semua spesies paus biru tewas dan hanya tersisa 5 ribu. Saat ini diperkirakan tak lebih 10 ribu paus biru yang tersisa.

1. Sarcosuchus

Sarcosuchus adalah nenek moyang buaya modern yang memiliki panjang sekitar 12 meter. Dia memangsa dinosaurus kecil.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *