“5 Kejadian Aneh” yang Bikin Kamu Bengong Seharian, Nomor 3 Buset! Gimana Ceritanya “Kambing Manjat Pohon”!

Dunia ini memang unik, banyak fenomena alam yang aneh dan tak bisa dijelaskan secara akal sehat. Beberapa di antaranya bahkan masih menimbulkan perdebatan sampai sekarang.

1. Badai petir abadi, Venezuela

Terletak di Danau Maracaibo, fenomena ini terbilang unik. Bayangkan saja, ada lebih dari 280 kali serangan petir dalam satu jam. Uniknya kejadian ini berlangsung selama 140-160 malam dalam setahun.

Kekuatannya bisa mencapai 1.176.000 muatan listrik per tahun, dengan intensitas hingga 400.000 ampere, dan terlihat hingga 400 km.

2. Hujan ikan, Honduras

Hujan Ikan menjadi fenomena umum di Honduras Folklore. Biasanya terjadi di Departamento de Yoro, antara bulan Mei dan Juli. Fenomena tak biasa ini dimulai dengan awan gelap di langit yang diikuti oleh petir, guntur, angin kencang dan hujan lebat selama dua sampai tiga jam.

Setelah hujan berhenti, ratusan ikan hidup ditemukan di tanah. Orang-orang membawa pulang ikan untuk memasak dan memakannya.

Sejak 1998 festival yang dikenal sebagai “Festival de la Lluvia de Peces” (Festival Hujan Ikan) dirayakan setiap tahun di Kota Yoro, Departamento de Yoro, Honduras.

3. Kambing memanjat pohon, Maroko

Fenomena kambing yang memanjat di pohon hanya ditemukan di Maroko. Kambing memanjat karena mereka suka makan buah dari pohon argan yang mirip dengan zaitun.

Petani benar-benar mengikuti kawanan kambing ketika mereka bergerak dari pohon ke pohon. Bukan karena penasaran dengan perilaku si kambing, tetapi karena buah dari pohon ini memiliki kacang di dalam, yang kambing tidak bisa cerna, sehingga mereka meludah ke atas.

Kacang itulah yang diambil para petani. Biasanya kacang yang mengandung 1-3 kernel, dapat digunakan sebagai minyak argan.Minyak ini sering digunakan untuk memasak dan kosmetik.

4. Gelombang air terpanjang di Bumi, Brasil

Dua kali setahun, antara Februari dan Maret, perairan Samudera Atlantik menggulung Sungai Amazon, Brazil, dan menghasilkan gelombang terpanjang di Bumi.

Fenomena, yang dikenal sebagai Pororoca, disebabkan oleh pasang surut dari Samudera Atlantik yang memenuhi mulut sungai.

Pasang surut ini menghasilkan gelombang hingga 12 kaki dan dapat berlangsung selama lebih dari setengah jam. Gelombang ini telah menjadi populer di kalangan peselancar. Sejak 1999, kejuaraan tahunan telah diselenggarakan di São Domingos do Capim.

Meski populer, berselancar di Pororoca sangat berbahaya, karena air mengandung sejumlah besar puing-puing dari sungai seperti kayu atau pohon.

5. Pelangi api, Idaho

Fenomena atmosfer ini dikenal sebagai circumhorizon atau “api pelangi”. Biasanya muncul saat matahari tinggi di langit, yaitu lebih tinggi 58 derajat di atas cakrawala.

 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *