Dia Melihat Wanita Tua yang Menangis Minta Diantar ke Kuburan di Atas Gunung, Setelah Mengantar Dia Diberi Tas yang Isinya Bisa untuk Berobat Ibunya yang Sakit

. Rudi adalah seorang petani yang baik hati,suatu hari dia melihat seorang nenek di tepi desa, yang sedang duduk menangis. Dia ingin ke kuburan di atas gunung namun sudah tidak sanggup berjalan jauh, jadi dia meminta bantuan untuk digendong ke sana.

Semua penduduk desa tahu, jalan ke atas gunung cukup terjal dan jauh, selain itu juga sekarang musim hujan dan hujan baru saja turun semalam, jadi pasti jalannya juga licin dan berbahaya.

Akibatnya tidak ada seorang pun yang mau mengantarnya, dan nenek itu hanya bisa terus menangis.

Rudi melihatnya dan ingin membantu, namun dia bingung karena dia harus merawat ibunya yang juga sakit , namun saat melihat nenek itu, dia teringat ibunya, dan akhirnya memutuskan untuk menolongnya.

Ilustrasi.

Setelah Rudi mengatakan akan membantu, nenek itu tersenyum dan langsung naik ke punggungnya, ternyata nenek itu cukup berat, tapi Rudi sudah memantapkan hati dan diapun naik ke atas gunung.

Hujan baru saja turun kemarin malam, jadi dimana-mana berlumpur. Saat ini, naik gunung sendirian saja sudah sulit, apalagi sambil membawa seseorang di punggung.

Mereka mendaki selama lebih dari satu jam, wanita tua itu menunjuk ke sebuah bukit dan berkata, “Ini dia.” Rudi dengan cepat menurunkannya, lalu diapun beristirahat.

Nenek itu mengatakan bahwa kuburan mendiang suaminya ini sudah lama ditinggalkan, jadi sudah ditumbuhi banyak tanaman liar, jadi nenek itu memintanya untuk membantu membersihkan kuburan tersebut.

Rudi yang baru saja beristirahat menghela napas, namun dia tetap bangun dan membersihkan kuburan tersebut.

Setelah bersih, nenek mengeluarkan buah dari tas nya, menaruhnya untuk bersembahyang, lalu diapun menyalakan dupa.

Batu nisan itu sudah sulit dikenali, tapi dari cerita si nenek, dia tahu bahwa ini adalah kuburan suaminya yang telah meninggal.

Dia memiliki tiga anak, tapi mereka sudah menikah. Mereka meninggalkan ibu tua mereka di pedesaan. Sejak anak-anak itu menikah, mereka tidak pernah kembali untuk menjenguk ibunya, hatinya sangat sakit.

Tinggal sendirian tanpa kerabat, umurnya sangat tua, dia hanya ingin sekali lagi saja mengunjungi kuburan suaminya.

Untuk waktu yang lama, kuburannya tidak ada seorangpun yang merawat, bahkan ditengok pun tidak. Dia sudah lama ingin kesini, dan bersembahyang, namun badannya sudah sangat lemah, sehingga dia hanya bisa berharap.

Ilustrasi.

Beruntung hari ini ada seorang petani muda yang baik hati mau membantunya. Keinginannya bisa terpenuhi.

Setelah mendengarnya Rudi menangis, keadaan hidupnya juga cukup sulit, dia ingat sekarang ibunya yang sudah tua sakit keras, dan mereka tidak punya uang untuk mengobati penyakit ibunya itu.

Saat itu sudah sore hari ketika dua orang itu baru turun dari gunung. Meski sangat lelah tapi di dalam hatinya dia merasa sangat senang, dia telah membantu orang lain.

Si nenek wajahnya berubah 180 derajat dari waktu pagi hari, kini wajahnya sama sekali tidak sedih, hanya ada senyuman bahagia di wajahnya.

Si nenek memberinya sebuah tas, tapi Rudi menolak karena dia hanya ingin menolong tanpa mengharapkan imbalan, namun nenek tetap bersikeras, mengatakan bahwa dia sudah tua, sudah tidak ada gunanya memiliki barang apa pun.

Tidak ada satupun barang yang bisa dia bawa mati, mungkin jika barang ini diberikan kepada si petani muda, justru akan lebih berguna. Akhirnya Rudi mau menerimanya.

Sampai di rumah, Rudi membuka tasnya. Tanpa diduga, di dalamnya ada batu zamrud yang sangat besar, tentu ini adalah harta keluarga nenek tadi.

Dia bingung dan ingin mengembalikannya, tapi kemudian dia teringat senyum si nenek dan ingat ketika si nenek berkeras bahwa hadiah ini lebih baik jika diberikan padanya, maka Rudi hanya bisa diam dan bingung.

Ilustrasi.

Tiba-tiba suara batuk ibunya yang sangat keras membuatnya sadar, dia segera ingat, ibunya sedang sakit dan membutuhkan pengobatan, namun mereka tidak punya uang.

Dalam hatinya dia langsung bersyukur dan memutuskan untuk menjual batu zamrud itu, dan menggunakan uangnya untuk membiayai pengobatan ibunya.

Seperti kata ungkapan masa lalu, berbuat baik akan mendatangkan balasan baik. Rudi telah membuktikannya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *