Wajib Anda Ketahui! 7 Tanda Peringatan Awal ‘Stoke’ yang Muncul Hampir Sebulan Sebelum Stroke Terjadi

Stroke memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung. Namun, ada beberapa tanda awal stroke yang mulai muncul lebih awal satu bulan sebelum serangan itu benar-benar terjadi.

Stroke terjadi saat pembuluh darah yang mengangkut oksigen ke otak pecah atau terhalang oleh pembekuan darah. Akibatnya, otak tidak menerima oksigen dan sel otak pun mulai mati.

Fungsi yang dikendalikan oleh bagian otak yang terkena efeknya ini tidak akan bekerja dengan normal, dan ini akan berdampak besar bagi kesehatan.

(Foto: Getty Images |Alfred Pasieka/Science Photo Library)

Stroke dapat muncul secara berbeda pada setiap individu, tapi satu hal yang sama adalah stroke selalu muncul dengan tiba-tiba.

Baca di bagian bawah gejala-gejala umum paling sering terjadi yang muncul satu bulan sebelum stroke, dan jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, pikirkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Berikut ini tujuh gejala tersebut – Dengan mengetahui gejala-gejala ini, nyawa seseorang mungkin bisa diselamatkan.

Ketidakseimbangan tak terduga atau kelemahan pada wajah, lengan, atau kaki (biasanya hanya pada satu sisi tubuh seseorang)

(Foto : Getty Images | Morsa Images)

Stroke biasanya menyerang satu bagian otak, sehingga, efek stroke hanya terlihat di satu sisi tubuh. Jika Anda melihat senyum yang tidak rata pada wajah seseorang, itu adalah gejala awal. Mati rasa atau kelemahan pada salah satu tangan juga bisa menjadi sebuah gejala awal.

Pusing, berkunang-kunang dan pingsan

(Foto : Getty Images | Philip & Karen Smith)

Jika Anda mengalami pusing yang mendadak, kehilangan keseimbangan atau kesulitan berjalan, Anda harus mempertimbangkan untuk menghubungi dokter – karena gejala-gejala ini mungkin menjadi pertanda kemungkinan serangan otak.

Masalah penglihatan mendadak

(Foto : Getty Images | BSIP)

Stroke dapat mempengaruhi daerah otak yang mengendalikan penglihatan. Jadi waspadalah; jika Anda mengalami kehilangan penglihatan secara tiba-tiba, bisa jadi itu adalah tanda stroke.

Sakit kepala berdenyut-denyut yang datang tiba-tiba dan tanpa alasan

(Foto : Getty Images | BSIP/UIG)

Stroke bisa menjadi penyebab sakit kepala yang tiba-tiba dan intens yang muncul tidak alami.

Coba catat hal ini mulai sekarang. Jika Anda mengalami sakit kepala tanpa alasan yang jelas, mungkin ini adalah indikasi awal terjadinya stroke.

Mengalami kesulitan tak terduga saat berbicara atau memahami sesuatu

(Foto : Getty Images | 101dalmatians)

Kesulitan dalam memahami hal-hal tertentu yang biasanya tidak pernah menjadi masalah atau kebingungan yang muncul mendadak juga merupakan konsekuensi awal dari stroke.

Hilangnya keseimbangan, goyah

(Foto : Getty Images | Royalty-Free)

Jika Anda mulai mengalami keseimbangan secara mendadak, yaitu ketika sesaat sebelumnya Anda baik-baik saja tapi kemudian merasa pusing dan tidak bisa bergerak dengan baik, maka jangan abaikan petunjuk yang diberikan tubuh Anda. Ini mungkin salah satu dari gejala awal stroke.

Sesak napas

(Foto : Getty Images | BSIP)

Kesulitan saat bernapas dapat menyertai stroke. Jika ini terjadi, maka ini merupakan peringatan – jangan abaikan.

Ingat, deteksi dini itu sangat penting. Jadi, jangan tunggu ketika Anda mengalami salah satu gejala-gejala ini dan segera kunjungi dokter Anda.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *