Misteri Terpecahkan: Mengapa Pria Memiliki “Apel Adam” Jakun dan Wanita Tidak?

Jakun atau “apel Adam”, seperti namanya hanya dimiliki oleh kaum Adam (laki-laki) , namun sebenarnya wanita juga memilikinya.

Apa itu “apel Adam” dan mengapa dibutuhkan?

“Apel Adam” terdiri dari dua piring kartilago tiroid. Fungsi utamanya adalah melindungi pita suara. Proyeksi laring menyesuaikan timbre suara, yang memungkinkan kita untuk mengeluarkan suara tinggi dan rendah.

(Foto : bm.img.com.ua)

Apel Adam pada wanita, jelas ada juga, jika tidak, para wanita tidak akan bisa membuat suara yang berbeda.

Lalu mengapa “apel Adam” tidak terlihat pada kaum wanita, meskipun mereka memilikinya?

Salah satu perbedaan utama antara pria dan wanita adalah suara pria lebih keras dan nyaring. Untuk ini, pria harus memiliki pita suara yang besar dan lebar. Karena alasan inilah proyeksi laring lebih kuat.

Pada wanita, ataupun pria yang suaranya lemah, pita suara itu jauh lebih pendek, dan oleh karena itu sudut antara kedua lempeng tiroidnya tumpul, tidak tajam.

Selain itu pada wanita, “apel Adam” tidak begitu mudah dilihat, karena tersembunyi di balik lapisan jaringan lemak, yang sulit untuk disingkirkan, bahkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

Namun, harus diakui bahwa beberapa wanita memiliki tonjolan laring yang jelas, namun ini adalah pengecualian yang terkait dengan kelainan hormonal.

Mengapa tonjolan ini disebut “apel Adam”?

Nama ini berasal dari Alkitab, saat Adam, yang digoda oleh seekor ular jelmaan iblis, mencicipi buah terlarang.

Dikisahkan bahwa Eva yang tergoda lebih dulu, telah memakan buah terlarang, sementara Adam yang tergoda belakangan, belum sempat menelan sampai ke perut dan sepotong buah itu tersangkut di lehernya.

Sepotong buah terlarang telah menempel di tenggorokannya dan sejak saat itu keturunan laki-lakinya dianugerahi “apel Adam” yang terkenal, yang menjadi pengingat akan dosa manusia di Taman Eden.

Bagi Anda yang pria, silahkan raba leher bagian depan Anda, dan tonjolan yang Anda temukan disitu, itulah jakun atau “apel Adam,” dan kini Anda sudah tahu apa fungsinya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *