Tanda Peringatan Dini Bahwa Ginjal Anda Tidak Bekerja dengan Baik

Ginjal adalah bagian vital dan mereka bertanggung jawab atas banyak proses penting dalam tubuh. Dua fungsi utama mereka adalah pembersihan dan detoksifikasi sistem, karena menghasilkan urin dan menyaring darah.

Ginjal bertanggung jawab untuk menghilangkan kelebihan cairan dan limbah, mendukung kesehatan tulang, meningkatkan jumlah sel darah merah, mengatur tekanan darah dan juga menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Jika salah satu fungsi ginjal terganggu, maka seluruh tubuh akan berisiko. Makanya, sangat penting mengetahui bagaimana mengenali gejala kelainan ginjal.

Artikel ini akan memberi tahu Anda tanda peringatan dini ketika ginjal Anda bermasalah.

Kelelahan: Ginjal yang sehat memproduksi hormon eritropoietin yang meningkatkan jumlah sel darah merah. Jumlah sel darah merah yang rendah akan menyebabkan kelelahan serta masalah pada otak dan otot.

Nyeri: Nyeri akut pada daerah sekitar ginjal adalah gejala khas batu ginjal atau infeksi saluran kemih, atau penyakit lain yang terkait dengan ginjal. Makanya rasa nyeri seperti ini janganlah Anda diabaikan.

Pening dan kurang konsentrasi: Gagal ginjal mengakibatkan kurangnya aliran oksigen ke otak sehingga menyebabkan pening, masalah daya ingat dan konsentrasi yang buruk. Ini merupakan tanda peringatan dini gagal ginjal.

Citarasa logam pada mulut: Akibat proses penumpukan limbah dalam darah, maka timbul bau napas dan perubahan citarasa pada makanan. Beberapa tanda peringatan dini gagal ginjal mencakup napsu makan yang buruk dan citarasa logam di dalam mulut.

Ruam kulit: Penumpukan sampah dalam darah secara langsung berkaitan dengan gatal, iritasi dan ruam pada kulit serta kulit kering. Mengoleskan krim tidak akan mengatasi masalah ini, karena masalah ada di dalam tubuh.

Napas memendek: Berkurangnya jumlah sel darah menurunkan jumlah oksigen di dalam tubuh, sehingga menyebabkan napas pendek, yang sering berkaitan dengan kerusakan ginjal. Ini adalah salah satu gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai.

Pembengkakan: Jika ginjal tidak berfungsi sempurna, maka kelebihan cairan cenderung menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan pada sendi, tungkai dan wajah.

Perubahan pada air kemih: Gejala yang paling sering adalah air kemih berwarna gelap, air kemih berbusa, jarang berkemih, dan jumlah kemih sedikit, darurat berkemih pada malam hari, terjadi tekanan dan masalah saat berkemih.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter guna penangan lebih lanjut.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *