Pemuda Berusia 22 Tahun Ini Menguasai Berbagai Bahasa di Dunia, dan Dikenal Sebagai “Mesin Penerjemah Berjalan”, Tapi Ia Mati Kutu Ketika Berhadapan dengan Bahasa yang Satu Ini!

Menurut kamu, bahasa apa yang paling sulit di dunia? Inggris, Spanyol, Mandarin, Rusia, Korea, Jepang, Arab, Indonesia atau bahasa asing lainnya. Dari sekian banyaknya bahasa di dunia, berapa banyak bahasa yang kamu kuasai ? !

Entah kamu punya “bakat bahasa atau tidak”, saya sendiri merasa cukup sulit meski hanya belajar menguasai bahasa asing yang paling umum seperti bahasa Inggris ini.

Biasanya yang paling dikagumi adalah mereka yang menguasai bahasa asing dengan lancar, dan benar-benar mengagumkan jika punya teman yang menguasai bahasa asing lainnya denga lancar selain bahasa Inggris !

Bagi banyak orang, adalah hal yang biasa jika seseorang menguasai bahasa Inggris dengan baik, tapi kalau menguasai bahasa asing kedua, tiga atau bahkan bahasa asing keempat, maka ini baru bisa dianggap sebagai hal yang luar biasa.

Seperti misalnya Timothy Doner (22 tahun), seorang mahasiswa dari Harvard adalah salah satu contohnya.

Timo yang masih muda ini bukan hanya sangat berprestasi di kampusnya, tapi ia juga menguasai 25 jenis bahasa di dunia, sehingga oleh teman sekampusnya, ia dijuluki “Mesin Penerjemah Berjalan”.

 

Aanak muda yang hebat ini bukan saja pernah diwawancarai BBC, tapi ia juga diundang untuk membawakan sebuah TED Talks, sehingga dapat dikatakan dia adalah sosok anak muda yang sangat mengagumkan.

Mengapa kemampuan bahasa Timo begitu menakjubkan? Mungkin ada hubunganya dengan pengalaman masa kecilnya dulu.

Timo adalah seorang bintang cilik, ketika itu, sutradara memintanya untuk mencoba meniru aksen negara lain, dan tak disangka, hal itu membuka bakat bahasa Timo.

Timo menemukan bakat berbahasa negara lain itu adalah satu hal yang menarik baginya, jadi, sejak itu ia menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari bahasa asing lainnya.

Dalam perkembangannya, Timo mendapati dirinya memiliki bakat bahasa, selalu bisa membangkitkan intuisi bahasanya saat belajar, dan efisiensi belajarnya juga sangat baik.

Karena rajin belajar, Timo pun menguasai banyak bahasa, dan dia sering mengunggah ke internet videonya dalam beragam bahasa untuk berbagi dengan sesama netizen.

Tapi tak disangka, Timo yang dikenal sebagai “mesin penerjemah berjalan” ini tak berkutik ketika dihadapkan dengan bahasa yang satu ini, dan bahasa ini sebenarnya sangat familiar dengan kita yakni bahasa Mandarin!

 

Ternyata baru-baru ini, Timo mulai belajar bahasa Mandarin, tapi proses belajarnya tidak selancar seperti bahasa lainnya, entah itu tulis atau pengucapan dalam bahasa Mandarin, selalu membuat Timo frutrasi.

Meskipun dia belajar melalui “metode ingatan gambar” untuk membantunya mengingat bahasa Mandarin, namun hasilnya tidak memuaskannya.

Timo menumpahkan kegundahannya di situs komunitas invidual : “Haduh! Susah banget sih bahasa Mandarin, sampai sekarang gak bisa-bisa juga !”

Sulitkah belajar bahasa Mandarin ? Dapat dikatakan semua itu tergantung individu masing-masing.

Saat netizen dari negara yang menggunakan bahasa Mandarin melihat pidato bahasa Mandarin yang dishare Timo, tiba-tiba ia langsung memahami mengapa Timo merasa sulit belajar bahasa Mandarin.

Ternyata Timo belajar langsung dari sisi bahasanya, seperti dalam ungkapan “Belum tumbuh bulu sudah mau terbang” ya ! atau dengan kata lain, “baru belajar merangkak sudah mau langsung berlari”.

Tapi memang bagi banyak orang asing, bahasa Mandarin memang sangat sulit dipelajari !

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *