Tega Sekali! Jutaan Ekor Hiu Terbunuh Tiap Tahun, Hanya untuk Hal Seperti Itu!

Seringkali manusia mengorbankan nyawa binatang hanya karena untuk memuaskan nafsunya. Dalam kasus ini, adalah tentang ikan hiu.

Ribuan ekor terbunuh tiap tahunnya, untuk dijadikan sebagai makanan konsumsi manusia, akibatnya saat ini hiu berada dalam bahaya kepunahan. Yang paling banyak dikonsumsi adalah sirip ikan hiu tersebut.

seasheperd.org

Gary Stokes adalah anggota Masyarakat Konservasi Gembala Laut dan selama 26 tahun telah tinggal di Jepang, dia telah melihat jumlah sirip hiu yang sungguh mengkhawatirkan. Hal yang paling mengerikan adalah kekejaman yang dilakukan untuk mendapatkan siripnya.

abc.es

Ketika mereka berhasil menangkap seekor hiu, mereka memotong siripnya dan kemudian melepaskannya kembali ke laut. Tanpa siripnya mereka jelas tidak bisa bergerak dan hanya bisa menahan perih dan sakit sampai kematian datang, sungguh cara mati yang lambat dan penuh penderitaan. Tega sekali!

abc.es

Masalah ini terus berlanjut di seluruh dunia, namun saat ini Tiongkok dianggap sebagai pengimpor produk terbesar ini. Jutaan hiu terbunuh karena konsumsi sup sirip. Sebetulnya hidangan sup sirip ikan hiu adalah hidangan khas di Tiongkok dan dianggap sebagai kelezatan yang mewah, karena di masa lalu, itu adalah makanan untuk para kaisar.

abc.es

Saat ini sup sirip ikan hiu disajikan pada jamuan makan dan acara spesial, dan semangkuk sup bisa berharga lebih dari 1 juta rupiah!

Diperkirakan ada sekitar 73 juta ekor hiu terbunuh per tahun untuk diambil siripnya. Itu berarti hiu mati 30 kali lebih cepat daripada bereproduksi. Sirip yang diperoleh disimpan di gudang atau diletakkan di atas atap untuk dikeringkan.

Gary Stokes mengatakan bahwa jumlah sirip yang paling mengerikan yang pernah dilihatnya berada di sebuah atap di Hong Kong, di mana lebih dari 100 ribu di buah yang mengering. Pria itu menyewa helikopter untuk bisa memotret kebiadaban yang ada di atap itu.

seasheperd.org

Hal yang paling mengerikan adalah bahwa bahkan tidak ada hukum yang menghukum pembunuhan gila spesies ini. Konvensi Perdagangan Spesies Langka Liar dan Flora Liar Internasional hanya mengatur perdagangan dari mereka, namun tidak memiliki undang-undang khusus mengenai perburuan ikan hiu.

Hiu martil dan hiu putih saat ini berada dalam bahaya kepunahan dan tidak ada undang-undang yang membuat pembantaian ini ilegal.

seasheperd.org

Satu-satunya yang tersisa bagi kita adalah memperjuangkan adanya undang-undang yang lebih efisien yang benar-benar bisa melindungi hewan-hewan langka. Di sisi lain, kita juga bisa menciptakan kesadaran tentang konsumsi sirip, karena jika permintaan menurun, tidak akan ada alasan bagi mereka untuk terus melakukan tindakan kekejaman ini.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *