Pajak Sedan Bakal Turun, Begini Reaksi Bos Toyota

Pemerintah masih menggodok regulasi pajak kendaraan jenis sedan. Para anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mendesak agar pajak sedan turun. Jika pajak sedan turun, bukan tak mungkin hal itu akan meningkatkan kebutuhan pasar international khususnya ekspor.

Di Indonesia, jika pajak sedan turun, bukan tak mungkin harga sedan bisa sama dan selaris seperti MPV (Multi Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle).

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menyatakan, khusus Toyota Indonesia, turunnya pajak sedan akan mendukung kegiatan pasar otomotif semakin terbuka.

“Karena membentuk market secara economic skill, maka akan membentuk industri. Kalau market-nya besar maka industrinya datang ke sini. Kami senang sekali kalau ada kegiatan menciptakan pasar seperti ini. Tapi harus diikuti dengan kegiatan industri supaya Indonesia ikut serta berpartisipasi di market,” kata Warih saat ditemui di Auditorium Hall TIA (Toyota Indonesia Akademi) Karawang 3, Jawa Barat, Rabu (30/8/2017).

Warih menyatakan, pasar sedan saat ini merupakan paling laris secara global. Oleh karena itu, Indonesia yang juga merupakan basis produksi Toyota untuk global diharapkan tidak hanya menjadi penonton, tapi mampu memanfaatkan jaringan yang sudah ada.

“Kalau industri bagus, daya saing bagus. Maka kami bisa ikut serta,” tuturnya.

Menyoal selera konsumen secara global, Warih mengaku hal tersebut tentu akan diuji oleh konsumen dan pasarlah yang menentukan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *