BPOM: Tidak Ditemukan Adanya Beras Mengandung Plastik

Kemunculan video berdurasi lebih dari satu menit yang memperlihatkan seorang wanita membuat nasi menjadi bola-bola kecil membuat warganet geger. Bola-bola nasi itu dilempar ke meja lantas memantul layaknya bola karet.

Wanita tersebut menduga nasi itu dibuat dari beras plastik karena saat dipegang di tangan tidak terasa lengket. Nasi tersebut diperolehnya dari rumah makan masakan padang, yang berada di kawasan Jakarta Pusat.

Menanggapi adanya bola nasi yang diduga terbuat dari beras plastik, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan penelusuran ke lokasi rumah makan yang tercantum dalam video viral tersebut.

Rumah makan masakan padang terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim No.50, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ketahui tekstur nasi

Dari hasil pemeriksaan terhadap contoh beras, tidak ditemukan adanya indikasi penggunaan beras yang mengandung plastik. Klarifikasi ini dikeluarkan BPOM pada 24 Agustus 2017.

Isu soal beras plastik ini pernah terjadi pada tahun 2015. Pengujian terhadap beras yang diduga mengandung plastik hasilnya negatif.

Untuk itu, konsumen perlu mengetahui, tekstur nasi dipengaruhi komposisi komponen penyusun pati dalam butir beras, yaitu amilosa dan amilopektin.

Kadar amilopektin yang tinggi bisa memengaruhi tekstur nasi menjadi lengket sehingga nasi dapat dikepal menyerupai bentuk bola.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *