Ada Pecahan Kaca dalam Garam Dapur? BPOM: Itu Tidak Benar

Sebuah video viral yang ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Sabtu (19/8/2017) soal salah satu produk garam dapur membuat konsumen panik. Hal ini dikarenakan, meluapnya rasa takut terhadap garam yang diduga mengandung pecahan kaca.

Dalam video tersebut, seorang ibu menjelaskan garam cap dua anak yang diduga bercampur kaca. Ada pula video lain yang menjelaskan setelah proses penyaringan, ditemukan kandungan kaca di garam bermerek kerapan sapi.

Masyarat perlu memahami soal garam dapur. Garam mengandung yodium dan terdiri dari senyawa kimia Natrium Klorida (NaCl).

Dalam proses pembuatan garam terjadi kristalisasi garam yang akan menghasilkan Kristal NaCl berbentuk kubus.

Tidak ada bahan kaca

Bentuk kubus yang dihasilkan dari Kristal NaCl akan dihaluskan. Kristal garam akan pecah menyerupai bentuk pecahan kaca.

Terkait isu video tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pengujian sejumlah merek garam dapur yang dikonsumsi, khususnya yang diisukan mengandung pecahan kaca.

Hasil temuan, garam larut sempurna dalam air dan tidak ditemukan mengandung pecahan kaca. Klarifikasi ini dikeluarkan BPOM pada 18 Agustus 2017.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *