8 Langkah Awal Atasi Insomnia

Jakarta Aktor Tora Sudiro mengaku mengonsumsi pil Dumolid karena mengalami insomnia. Namun, dia tidak mendapatkan obat tidur berjenis psikotropika golongan empat tersebut dari dokter.

Terlepas dari kasus Tora Sudiro, insomnia memang kerap terjadi pada masyarakat perkotaan. Penyebabnya bisa karena stres, depresi, atau jet lag.

Para pakar mengatakan perlu melakukan perubahan gaya hidup saat terkena insomnia. Berikut solusi awal bila Anda terkena insomnia mengutip Prevention, Minggu (6/8/2017):

1. Tidur terjadwal

National Sleep Foundation merekomendasikan agar setiap orang memiliki jadwal tidur rutin. Penting untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari termasuk akhir pekan. Menjaga kebersihan tempat tidur dan pakaian itu juga penting.

2. Tidak makan berlebih di malam hari

Solusi untuk insomnia bukan hanya tentang jam tidur, tapi juga makanan yang disantap. Disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berlebih di malam hari. Singkirkan makanan berminyak dan tinggi lemak di menu makan malam.

3. Tidak minum kopi sesudah pukul 13.00

Kerja kafein dalam tubuh berlangsung selama tujuh jam, jadi pastikan tidak lagi minum kopi atau minuman mengandung kafein lewat tengah hari. Minum kopi di sore atau malam bukan hanya berpengaruh terhadap kantuk tapi juga kualitas tidur.

“Minuman berkafein membuat ingin terus buang air kecil di malam hari yang berdampak pada tidur Anda,” kata dokter dari University of Arizona, Andrew Weil.

4. Olahraga teratur

Entah pagi atau sore, rutinlah berolahraga 3-5 kali per minggu. Sebuah studi menunjukkan olahraga teratur membantu orang insomnia jadi tidak terlalu depresi dan lebih berenergi.

5. Yoga

Lakukan yoga sebelum tidur yang akan membantu tubuh dan pikiran beristirahat. Anda bahkan bisa melakukannya di kasur.

6. Letakkan gawai sejam sebelum tidur

Kebiasaan orang zaman sekarang membawa gawai ke tempat tidur untuk membalas email atau scrolling feed Instagram. Padahal cahaya yang dipancarkan gawai membuat Anda terus terjaga.

7. Mandi air hangat dan tidur di suhu sejuk

Pastikan tubuh sudah bersih sebelum tidur. Mandi air hangat sebelum tidur kemudian ke ruangan bersuhu sejuk membantu seseorang cepat tidur. Studi menunjukkan ketika suhu tubuh menurun, produksi melatonin dimulai. Pastikan kamar tidak terlalu dingin ataupun panas agar bisa tidur.

8. Setop merokok

Kandungan nikotin pada rokok merupakan stimulan alami. Sehingga tak heran, bila mengisap tembakau di malam hari perokok jadi sulit tidur. Bila ingin tidur lebih nyenyak dan lepas dari insomnia, mulai setop merokok.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *